Rabu, 07 September 2011

Kalau Doa bersyukur masih boleh minta kah ?


Bosan dengan doa yang dilakukan tiap hari ? doa tiap hari bisa menjadi suatu rutinitas yang pada akhirnya membosankan dan terkadang malah bisa membunuh diri kita, maksudnya membunuh adalah kita jadi merasa bersalah kalau gak doa tapi kalaupun kita doa mau doa apa ? ini menjadi permasalahan yang sering gw alami, dan gw rasa banyak orang juga mengalami hal yang sama.

Pada pagi ini saat gw sarapan dengan Tuhan, gw bingung dalam Alkitab ada ayat yang mengatakan Flp. 4:6 “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur

Maksud ayat ini apa ya ? gw gak boleh doa minta lagi sama Tuhan ? ada ayat malah yang suruh gw minta Mat. 7:7 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu “ bahkan ada ayat yang menganalogikan kehidupan doa harus seperti Hakim yang lalim yang terus menerus dimintai pertolongan oleh janda dan setelah sekian waktu janda tersebut terus menerus meminta sang Hakim akhirnya mengabulkan permintaan sang janda.

So apa maksud ayat ini ? Pagi ini gw mendapatkan jawabannya
Ada beberapa fakta yang perlu kita ketahui agar bisa mengerti  secara menyeluruh

1.       Tuhan sangat sayang dan cinta terhadap kita
2.       Tuhan sudah menetapkan hal-hal besar dan perbuatan-perbuatan besar untuk kita Ef2:10
3.       Tuhan sudah tahu kebutuhan – kebutuhan kita bahkan sebelum kita meminta

Dengan 3 fakta sederhana diatas sebenarnya kita sudah tahu apa jawabannya, Tuhan mau kita untuk terus berdoa kepada Tuhan adalah agar kita senantiasa berkomunikasi dengan Allah, intinya pada komunikasi kita dengan Allah, kita menjalin sebuah hubungan yang erat dengan Allah dan dalam doa kita, kita bersyukur, apa yang perlu kita syukuri ? kita perlu yakin dan bersyukur bahwa Allah :

1.       Telah mendengar dan menjawab doa kita pada saat kita mendoakannya
2.       Kita bersyukur bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi kita
3.       Kita bersyukur bahwa Tuhan sudah mempunyai rencana yang besar dan baik bagi kita

Jadi mungkin kalimat doa kita bisa seperti ini “Tuhan aku berdoa untuk XXXX, karena XXX aku mohon bila memang Engkau berkenan untuk memberikan aku XXXX, Tuhan aku berterima kasih dan bersyukur karena aku yakin bahwa pada saat aku berdoa ini Engkau sudah mendengar dan menjawab doaku, Engkau telah menyiapkan jawaban yang terbaik bagi diriku, aku percaya sepenuhnya pada jawabanMu dan HikmatMu, sekarang aku akan menunggu dengan sabar untuk melihat kuasaMu bekerja didalam kehidupanku, biarlah rencanaMu yang jadi didalam hidupku”

Berdoa dengan syukur bukan berarti kita tidak boleh meminta didalam doa kita, berdoa dengan syukur artinya, berdoa dengan keyakinan bahwa Tuhan sudah mendengar dan mejawab doa kita dan kita yakin bahwa kita ada didalam pemeliharaan Tuhan dan jawaban Tuhan apapun itu adalah yang terbaik bagi diri kita. Berdoa dengan syukur adalah berdoa dengan iman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar